Memilih Gaming Mouse Part 1

Gaming mouse merupakan partner penting bagi seorang PC gamer. Bagaimana tidak, ketika separuh nyawa dari tokoh Anda bergantung pada mouse yang Anda kendalikan, dan sisanya pada keyboard. Alhasil, salah memilih gaming mouse bisa berakibat pada kekalahan bertubi-tubi, kepala pening, emosi jiwa, dan bahkan dompet kering.
Maka dari itu, bagi Anda yang sedang bingung memilih gaming mouse yang cocok untuk karakter bermain Anda, mari simak artikel dibawah ini.
Optical atau Laser?
Sebelum ada teknologi optical atau laser, mouse menggunakan semacam bola dibawahnya. Bagi yang masih menggunakan mouse dengan tipe ini untuk bermain game, ada baiknya segera ganti mouse Anda dan beralih pada mouse optical atau laser.
Optical Mouse:
Optical mouse ini pada dasarnya menggunakan semacam LED sebagai sensor geraknya. Biasanya mouse dengan sensor optical akan memancarkan sinar berwarna merah pada bagian bawahnya, dan ketika sinar merah ini terkena permukaan, maka pantulannya akan terbaca oleh sensor.
Kelebihan dari optical mouse ini pada umumnya adalah pada harga yang cukup murah, karena ada beberapa gaming mouse yang menggunakan optical untuk memangkas harga.readmore

Laser Mouse:
Saat ini mouse dengan sensor laser sudah menjadi semacam kewajiban untuk high-end gaming mouse. Pada dasarnya prinsip kerja sensor laser ini sama seperti optical, hanya saja lampu LED pada sensor optical tadi diganti menjadi sinar laser.
Kelebihan dari laser mouse ini adalah pada akurasinya, sensor laser akan memberikan akurasi yang lebih baik ketimbang optical. Dan laser mouse ini pada umumnya dapat bekerja pada hampir semua permukaan.
Jadi Optical atau Laser?
Semua kembali pada preferensi Anda. Karena pada umumnya optical gaming mouse memiliki harga yang lebih terjangkau, dan cocok bagi Anda yang baru akan mencoba masuk ke dunia gaming atau Anda yang tidak begitu memerlukan akurasi.
Tapi bagi para desainer atau Anda yang ingin melubangi kepala musuh Anda dengan tembakan akurasi tinggi, akurasi laser mouse dapat menjadi senjata Anda.
Cara Membedakan Optical dan Laser
Jangan mudah terbujuk akan kata-kata yang menjual, karena ada beberapa merk abal-abal yang ngaku-ngaku laser padahal optical. Cara mudah untuk mengidentifikasikannya, optical mouse akan mengeluarkan sinar pada sensornya, dan pada laser mouse pada umumnya tidak akan ada sinar apapun keluar dari sensornya. (walaupun ada beberapa laser mouse yang memancarkan sinar pada bagian bawah mousenya sebagai aksesoris)

Wired atau Wireless?
Judulnya teknologi yang memudahkan Anda, popularitas teknologi nirkabel sudah menjamah hampir ke semua aspek, tidak terkecuali pada gaming mouse.
Wired:
Mayoritas gaming mouse saat ini masih dikuasai oleh mouse berkabel, dan untuk kabel pada gaming mouse ini pada umumnya terbagi menjadi dua, rubber cable dan braided cable.
Rubber cable adalah kabel mouse pada umumnya, sebuah kabel tembaga dengan balutan karet. Sedangkan braided cable adalah kabel tembaga yang dibalut dengan semacam bahan tekstil, dan kelebihan dari braided cable ini adalah pada ketahanannya.
Ketika menggunakan wired mouse, pergerakan tangan Anda akan dibatasi oleh kabel. Tapi Anda dapat meminimalisir ini dengan menggunakan mouse bungee.
Wireless:
Gaming mouse nirkabel berbeda dengan mouse kantoran nirkabel, karena pada umumnya gaming mouse nirkabel menawarkan ketepatan dan akurasi yang tinggi seperti gaming mouse dengan kabel, jadi pergerakan yang patah-patah bukan lagi jadi alasan Anda untuk kalah.
Walaupun pergerakan tangan Anda tidak terbatas, sayangnya gaming mouse nirkabel menggantungkan hidupnya pada baterai. Ada yang menggunakan baterai lepas, ada yang menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Jadi pastikan baterai pada mouse Anda selalu penuh atau masih dalam kondisi prima, kalau tidak ingin permainan Anda putus ditengah jalan.
Jadi Wired atau Wireless?
Buat Anda yang tidak ingin direpotkan dengan masalah baterai, wired mouse adalah pilihan yang terbaik. Dengan mengeluarkan sedikit biaya lagi, Anda dapat membeli mouse bungee yang akan membantu meminimalisir ribetnya lilitan kabel. Tapi bagi yang benar-benar ingin kebebasan dalam bergerak dan bermanuver, mouse nirkabel dapat menjadi pasangan untuk tangan Anda.

Kesimpulan
Sejauh ini tentunya Anda sudah dapat memilih ingin menggunakan gaming mouse yang seperti apa untuk menemani sesi gaming Anda. Tapi jangan terburu-buru memilih, karena masih akan ada Part 2 yang akan membantu Anda untuk memilih gaming mouse berdasarkan ukuran tangan, dan informasi penting lainnya di seputar gaming mouse.
http://www.bhinneka.com/bpost_detail/memilih_gaming_mouse_part_1.aspx

0 comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

tulisan-arif.blogspot.com. Powered by Blogger.

Ada bebasbayar

bebas
    Share

    Get This

    powered by Prmania

    free web counter

Recent Comments