Memilih Gaming Mouse Part 2

Setelah membahas gaming mouse secara basic pada part 1, sekarang saatnya memilih gaming mouse yang sesuai dengan ukuran tangan, dan bagaimana posisi tangan yang tepat dalam menggenggam gaming mouse Anda. Selain itu masih ada beberapa teknologi dasar yang akan sangat membantu Anda menyelesaikan game yang sedang Anda mainkan.

 Ukuran Mouse dan Posisi Tangan
Memilih ukuran gaming mouse sama pentingnya dengan memilih fitur dari mouse itu sendiri, karena ukuran dari gaming mouse inilah yang akan menentukan posisi tangan Anda ketika bermanuver.
The Claw
The Claw adalah cara memegang mouse dengan cara mencengkeram, dimana hanya ujung jari telunjuk, jari tengah dan ibu jari yang bersentuhan dengan permukaan mouse.
Para gamer FPS pada umumnya menyukai cara ini, karena pergerakan pergelangan tangan Anda akan jauh lebih leluasa sehingga meningkatkan refleks dan akurasi. Ukuran mouse yang tepat untuk The Claw adalah mouse dengan ukuran kecil hingga medium. readmore


The palm
Metode ini adalah cara paling tradisional dalam memegang mouse, dimana seluruh permukaan dari telapak tangan Anda memeluk seluruh body mouse.
Meskipun metode ini jarang digunakan oleh gamers, tapi dengan menggunakan The palm pergelangan Anda tidak akan cepat lelah karena tangan Anda seperti bertumpu seutuhnya pada mouse. Ukuran mouse yang tepat untuk The palm adalah mouse dengan ukuran medium hingga large.
Jadi The Claw atau The palm?
Kalau masalah ini, selain preferensi Anda dalam menggenggam mouse, ukuran tangan Anda juga sangat berperan penting. Tidak nyaman bukan, kalau Anda memililki tangan yang besar namun menggunakan mouse yang sebesar “curut”.
Dan kalau mengenai cara menggenggam, tergantung game yang Anda mainkan juga. Kalau Anda sering bermain game dengan genre FPS, menurut saya claw grip akan memberikan beberapa advantage, seperti akurasi dan refleks.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan
Selain beberapa hal diatas, beberapa gaming mouse memiliki beberapa fitur-fitur lain dan perangkat tambahan yang bisa Anda jadikan pertimbangan lain, seperti:
Adjustable Weight
Beberapa gaming mouse high-end terkadang menyelipkan fitur untuk mengatur bobot, fitur ini memiliki bentuk yang beraneka ragam antar gaming mouse yang satu dengan yang lainnya. Fitur ini benar-benar akan memberikan Anda bobot mouse yang sesuai dengan keingingan Anda.
DPI on The Fly
Fitur ini memungkinkan Anda mengatur sensitifitas mouse langsung dari tombol pada mouse Anda. Fitur ini sudah menjadi semacam fitur wajib bagi gaming mouse.
Macro
Ada beberapa mouse yang menyematkan fungsi ini, dimana Anda dapat mengganti beberapa fungsi tombol tertentu atau menyingkat beberapa kombinasi tombol menjadi hanya sebuah tombol saja. Fitur ini sangat berguna khususnya bagi Anda penggemar game RPG, atau MMORPG.
Mousepad
Alas mouse adalah benda wajib yang harus ada di meja komputer Anda. Karena mouepad yang akan menjaga keawetan dari mousefeet (kaki mouse).
Mouse Bungee
Mungkin benda ini kurang begitu familiar, tetapi kalau sudah menggunakannya, dijamin Anda tidak akan dapat lepas dari benda ini. Mouse bungee hanya berguna untuk wired mouse saja, dan cara menggunakannya cukup menggantungkan kabel mouse pada mouse bungee dan voila! Kabel mouse tidak lagi berseliweran dan Anda akan merasakan sensasi wireless mouse dengan wired mouse.




Kesimpulan
Meskipun bagi beberapa orang mouse sering dibilang “asal bisa dipakai”, tapi ini tidak berlaku bagi gamers. Bagi para gamers, menggunakan gaming mouse yang salah sama saja seperti mengorbankan kenyamanan dan pengalaman yang menyenangkan dalam bermain game. Apalagi ketika gamers tersebut menggantungkan hidupnya dengan menjadi gamers profesional.
Walaupun gaming mouse memiliki berbagai macam desain dan berbagai macam aksesoris. Mulai dari bentuk yang sangat futuristis, sampai yang dipenuhi dengan lampu disko, Anda akan menemukan fitur-fitur diatas sebagai beberapa fitur basic dari gaming mouse.
Jadi, sudah siapkah Anda mencari pasangan dalam bermain game? Atau tetap bertahan pada mouse kantoran yang kurang nyaman? Your choice! 

http://www.bhinneka.com/bpost_detail/memilih_gaming_mouse_part_2.aspx

2 comments:

misteruban said...

nice info gan, lagi nyari mouse juga soalnya

Unknown said...

wah , bagus juga nih tipsnya, ane mau beli mouse buat main game online .
Baca juga Info Komunitas Online Megapolitan => Infonitas.com

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

tulisan-arif.blogspot.com. Powered by Blogger.

Ada bebasbayar

bebas
free counters
    Share

    Get This

    powered by Prmania

    free web counter

Recent Comments