Jenis-Jenis Kerah Dan Penggunaannya

iStock_smilingMan
Ketika memilih kemeja, kerah seringkali tidak perhatikan oleh sebagian besar pria. Padahal jika Anda telah membaca artikel saya sebelumnya tentang 6 bagian penting pada kemeja, Anda pasti tahu kalau kemeja memiliki beberapa jenis kerah/collar yang bisa di sesuaikan dengan bentuk wajah dan acara yang akan di hadiri.
Pada artikel kali ini, saya akan membahas jenis-jenis kerah tersebut: readmore



1. Regular/Point Collar

Kerah basic ini yang paling sering di temui dan bisa di kenakan untuk hampir semua acara. Anda bisa kenakan dengan dasi saat bekerja di kantor, dan lepaskan dasinya saat ingin hangout dengan teman-teman sepulang bekerja. Kerah ini juga cocok untuk di kenakan hampir semua bentuk wajah.

2. Spread Collar
Kerah ini lebih lebar jika di bandingkan dengan yang jenis regular dan merupakan kerah untuk acara-acara formal, karena memang di desain untuk di padukan dengan jas atau blazer, serta dengan dasi dengan simpul/knot yang besar.
Untuk Anda yang memiliki wajah lebar atau bulat, hindari memakai kerah ini.

3. Button Down Collar
Kerah klasik ini dapat di kancingkan pada bagian ujung-ujungnya dan pada umumnya untuk kemeja-kemeja kasual. Namun Anda tetap dapat mengenakannya untuk acara yang agak formal dengan menambahkan dasi.
 
4. Tab Collar
Pada kerah yang termasuk jenis formal ini terdapat pengait/tab yang menghubungkan kedua ujung kerah. Tab ini berfungsi agar dasi lebih naik dan kedepan. Oleh karena itu kerah ini akan terlihat aneh jika tidak mengenakan dasi. Tab Collar juga sangat cocok untuk Anda yang berleher jenjang.

5. Pinned Collar
Pada kerah jenis ini terdapat lubang kecil pada tiap sisinya untuk tempat menyisipkan pin yang berfungsi sama seperti tab collar. Kenakan selalu kemeja ini dengan dasi, karena akan terlihat aneh jika kedua lubangnya tidak di sisipkan pin dan tanpa dasi.
 
6. Wing Collar
Jenis kerah yang satu ini merupakan yang paling formal di antara yang lainnya, dan jangan pernah mengenakannya untuk acara santai. Wing Collar merupakan pasangan setia tuxedo dan dasi kupu-kupu.

7. Rounded Collar
Ujung-ujung kerah ini tidak berbentuk lancip seperti kebanyakan kerah pada umumnya, dapat dikenakan dengan atau tanpa dasi. Untuk Anda yang berwajah bulat atau berleher panjang sebaiknya hindari mengenakan kerah jenis ini.

 8. Mandarin Collar
Kerah jenis ini memang terinspirasi dari Timur Oriental, cocok untuk di kenakan pada hampir semua acara. Saat tertutup kerah Mandarin ini dapat dikenakan sebagai pakaian formal. Ketika dibuka, kerah ini dapat dipakai dalam acara-acara yang lebih santai. Tapi satu hal yang perlu diingat, jangan menggunakan dasi ketika mengenakan kemeja ini. Kerah jenis ini cocok untuk pria yang memiliki wajah bulat.

The golden rule when choosing what type of collar to wear is to pick one that not only makes the shirt look good, but also make your face look good!
-Que-
 http://fashionpria.com/tips/jenis-jenis-kerah-dan-penggunaannya

0 comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

tulisan-arif.blogspot.com. Powered by Blogger.

Ada bebasbayar

bebas
free counters
    Share

    Get This

    powered by Prmania

    free web counter

Recent Comments