Cegah Nyeri Punggung dan Leher dengan Olahraga

Selain sakit kepala, nyeri punggung (khususnya di bagian punggung bawah) merupakan rasa sakit fisik yang paling sering dialami manusia. Diperkirakan, 8 dari 10 orang di bumi ini mengalami rasa nyeri tersebut. Dan, sekitar 50 persen mengalaminya lebih dari 1 kali. Rasa nyeri ini kerap berakibat pada turunnya produktivitas dan pengeluaran biaya kesehatan yang relatif cukup besar.readmore
Rasa sakit atau nyeri di leher sering pula dialami seperti halnya sakit punggung. Leher memiliki banyak struktur saraf nyeri. Sebagaimana leher yang sering bergerak dan menyatukan kepala ke dada, leher kerap mengalami trauma.

Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan nyeri pada leher punggung di antaranya pekerjaan fisik yang berat, sering membungkuk, mengangkat benda berat, terlalu lama duduk saat bekerja, rokok, dan kegemukan.

Salah satu upaya alami untuk mencegah nyeri pada leher dan punggung adalah dengan berolahraga serta menjalani gaya hidup yang sehat. Namun, ini tidak selalu benar. Bahkan, beberapa studi telah menemukan bahwa jenis olahraga yang salah, seperti kegiatan berisiko tinggi, dapat meningkatkan kemungkinan menderita sakit punggung.

Meski demikian, olahraga sangatlah penting bagi kesehatan secara keseluruhan dan tidak boleh dihindari. Kegiatan yang berisiko rendah, seperti berenang, berjalan, dan bersepeda, dapat meningkatkan kebugaran secara keseluruhan tanpa melelahkan bagian punggung bawah.
homepage:http://health.kompas.com

posted under |

0 comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

tulisan-arif.blogspot.com. Powered by Blogger.

Ada bebasbayar

bebas
free counters
    Share

    Get This

    powered by Prmania

    free web counter

Recent Comments